Sistem Penjaminan Mutu Internal 2021

6.Ketercapaian Indikator Kinerja Standar Kemahasiswaan dan Alumni

6.1 Rektor bersama wakil rektor I bidang akademik dan kamahasiswaaan memastikan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk meningkatkan kualitas row input mahasiswa baru sesuai dengan persyaratan baik secara administratif ataupun secara prosedural pada setiap tahun akademik
Download

6.1.1 Adanya pedoman seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menjelaskan tentang metode rekrutmen yang terdiri dari uji kognitif, uji atitude dan uji lain yang relevan dengan program studi

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.2 Adanya bukti pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap sistem seleksi mahasiswa, serta terdapat umpan balik dari mahasiswa baru dan dilakukan tindak lanjut.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.3 Persentase jumlah mahasiswa yang mendaftar ulang terhadap jumlah pendaftar yang lulus seleksi pada program utama ≥ 95%

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.2 Lembaga Student Afair & Alumni melaksanakan pembinaan dan pengkaderan mahasiswa sebagai upaya peningkatan leadership dan perluasan potensi diri yang dilaksanakan setiap tahun akademik
Download

6.2.1 Adanya pedoman pelaksanaan pembinaan dan pengkaderan mahasiswa

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.2 Adanya bukti pelaksanaan pembinaan dan pengkaderan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.3 Adanya monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan pembinaan dan pengkaderan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.4 Terdapat umpan balik hasil monitoring & evaluasi pelaksanaan pembinaan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.5 Terdapat tindak lanjut dari umpan balik

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.3 Lembaga Student Afair & Alumni melaksanakan penelusuran lulusan, karir dan peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni sebagai upaya evaluasi output kemahasiswaan yang dilakukan setiap tahun akademik
Download

6.3.1 Adanya pedoman pelaksanaan penelusuran lulusan, karir dan peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.2 Pelaksanaan Tracer Study terkoordinasi di tingkat Universitas

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.3 Kegiatan Tracer Study dilakukan setiap tahun dan terdokumentasi

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.4 Isi kuesioner Tracer Study mencakup seluruh pertanyaan inti Tracer Study Dikti.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.5 Kegiatan Tracer Study ditargetkan pada seluruh populasi

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.6 Hasil Tracer Study dan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.7 Rata -rata masa studi: - rata -rata masa studi lulusan program diploma paling cepat 3 tahun dan paling lambat 5 tahun. - lulusan program sarjana paling cepat 3,5 tahun dan paling lambat 4,5 tahun, - rata -rata masa studi lulusan program profesi paling cepat 1 tahun dan paling lambat ≤ 2 tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.8 Persentase kelulusan tepat waktu ≥80%

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.3.9 Persentase keberhasilan studi yang dihitung berdasarkan jumlah mahasiswa yang lulus sampai degan batas studi dibagi jumlah mahasiswa yang diterima pada angkatan tersebut yaitu ≥85%

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.4 Lembaga Student Afair & Alumni bersama Fakultas dan Program Studi memberikan layanan kemahasiswaan yang terdiri dari layanan bimbingan konseling, layanan pengembangan soft skill, layanan minat dan bakat, layanan leadership, layanan beasiswa, layanan kesehatan, layanan bimbingan karir kepada seluruh mahasiswa berdasarkan pedoman kemahasiswaan setiap tahun akademik.
Download

6.4.1 Lama waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama ≤3 bulan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.2 Perguruan Tinggi memberikan 3 jenis layanan kemahasiswaan dibidang: - Penaralan, minat dan bakat - Kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan) - Bimbingan karir dan kewirausahaan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.3 Tersedianya pedoman untuk semua jenis layanan kemahasiswaan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.4.4 Tersedianya kemudahan akses dan mutu layanan kemahasiswaan yang dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil, terdapat umpan balik dan dilakukan tindak lanjut

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.5 Lembaga Student Afair & Alumni bersama Dekan dan Ketua Jurusan melakukan evaluasi luaran dan capaian hasil pendidikan oleh mahasiswa untuk mengetahui tingkat keberhasilan pendidikan setiap tahun akademik
Download

6.5.1 Rata -rata indeks prestasi kumulatif (IPK) selama 3 tahun: - Program Diploma ≥3,25 - Program Sarjana ≥3,25

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.5.2 Prestasi akademik mahasiswa di tingkat provinsi atau wilayah, nasional dan atau internasional dalam lima tahun terakhir

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.5.3 Prestasi non akademik mahasiswa di tingkat provinsi atau wilayah, nasional dan atau internasional dalam lima tahun

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

7.Strategi Pencapaian Standar Kemahasiswa an dan Alumni